Minggu, 16 Januari 2011

Manajemen Kursus Prima Data Computer

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Pendidikan non formal adalah suatu wadah pendidikan di luar jalur formal yaitu dalam hal penyusunan kurikulum pembelajaran, tempat, dan tidak terikat dengan ketentuan waktu pelaksanaan yang ada pada lembaga formal pada umumnya. Di dalamnya terdapat hubungan kerjasama yang erat antara lembaga pendidikan non formal dan pemerintah dalam hal tujuan yang ingin dicapai yaitu memajukan pendidikan dan pengalaman kependidikan oleh seorang individu untuk mengembangkan kemampuan diri agar dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, maupun Negara.

Tujuan
1.  Umum
Dengan adanya berdiri sebuah lembaga pendidikan khususnya non formal adalah sebagai wadah belajar dan berkarya dengan seluasnya sesuai dengan kemampuan diri dengan mengacu kepada pengembangan insani yang bermutu dan bermanfaat bagi diri pribadi maupun bangsa dan negara.
2.  Khusus
·       Sebagai tempat untuk menambah keilmuan khususnya tentang komputer
·       Sebagai tempat berkreasi
·       Sebagai persiapan dalam menghadapi era globalisasi
·       Sebagai penunjang untuk mencari pekerjaan yang layak


MANAJEMEN KURSUS

Pengembangan Insani yang Bermutu
·      Belajar : Perubahan tingkah laku melalui proses pengalaman
·      Mengajar : Pemberian bantuan kepada siswa dalam belajar

Pengelolaan Dalam Belajar dan Mengajar
·      Memelihara minat siswa
·      Tindakan instruktur untuk mempengaruhi siswa agar mau belajar
·      Seorang instruktur dapat menarik perhatian siswa
·      Pengaturan praktek
·      Penggunaan panca indra dalam belaja



Pendayagunaan Sumber Daya Insani
Dengan pendidikan dan keterampilan yang telah diberikan dapat menjadi sebuah kepedulian dari lembaga pendidikan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa yang berkompeten di bidangnya, khususnya dalam komputer. Untuk mengembangkan diri sesuai kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Yaitu dengan mengembangkan materi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan para siswa, khususnya kepada para siswa yang ingin menapaki dunia kerja.

Struktur Kerja
Pembagian kerja yang terdiri dari beberapa karyawan dan instruktur dengan pengelola adalah sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh para individu.

Struktur Organisasi
·      Pimpinan
·      Wakil Pimpinan
·      Sekretaris
·      Bendahara
·      Instruktur-instruktur

Penggunaan Metode Pembelajaran
·      Ceramah
·      Praktek
·      Tanya jawab

Materi Pembelajaran
Dengan menggunakan materi yang sesuai dengan acuan standar pendidikan nasional mengenai pembelajaran komputer untuk pendidikan formal dan dikembangkan dengan acuan perkembangan ilmu pengetahuan yang berkembang dari satu waktu ke waktu yang berikutnya.

Komponen Materi Pembelajaran
·      75% praktek
·      25% materi / teori

Alat Bantu Pembelajaran
·      Buku-buku  Komputer yang sesuai dengan perkembangannya.
·      Komputer dan perangkat penunjang lainnya.
·      Diktat yang dibuat oleh lembaga sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar